FKIP adalah
singkatan dari kata Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Istilah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan apabila disingkat yaitu menjadi FKIP.
Akronim FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan
singkatan/akronim resmi dalam Bahasa Indonesia.
Penjelasan / Informasi Lebih Rinci (Detil) :
Akronim / Singkatan : FKIP
Nama Diri / Kepanjangan : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kependekan Alternatif : -
Kepanjangan Alternatif : -
Kesimpulan 1 : FKIP adalah singkatan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kesimpulan 2 : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan adalah kepanjangan dari FKIP
Kesimpulan 3 : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan apabila disingkat menjadi FKIP
Kesimpulan 4 : FKIP apabila dipanjangkan menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Penjelasan / Informasi Lebih Rinci (Detil) :
Akronim / Singkatan : FKIP
Nama Diri / Kepanjangan : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kependekan Alternatif : -
Kepanjangan Alternatif : -
Kesimpulan 1 : FKIP adalah singkatan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kesimpulan 2 : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan adalah kepanjangan dari FKIP
Kesimpulan 3 : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan apabila disingkat menjadi FKIP
Kesimpulan 4 : FKIP apabila dipanjangkan menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Sejarah Prodi Pendidikan Biologi
Program studii (Prodi) Pendidikan
Biologi berdiri berdasarkan SK pendirian PS No.44 t DIKTI/ Kept
1984 tertanggal 18 Juli 1984 merupakan lembaga pendidikan yang mempersiapkan
dan mencetak colon guru biologi profesional dan berkualitas, menguasai bidang
biologi dan kependidikan, terampil di bidang teknologi informasi (TI) serta
mampu bersaing di pasar bebas.
Tahun 1984 hingga tahun 1997 penyelenggaraan kuliah dan praktikum Prodi Pendidikan Biologi diselenggarakan di gedung I FKIP di jalan Kalimantan III Jember dengan daya tampung rata-rata 50 mahasiswa per
angkatan. Mulai tahun 1998 penyelenggaraan kuliah dipindahkan ke gedung
biologi, gedung III FKIP UNEJ.
Proses rekruitmen mahasiswa
prodi Pendidikan Biologi dilakukan melalui jalur seleksi masuk perguruan tinggi dan jalur seleksi bakat dan minat. Sejak tahun 2006 proses rekruitmen disamping kedua jalur tersebut
juga disediakan jenis jalur seleksi Iokal bagi program non reguler.
Hingga tahun 2008, prodi
Pendidikan Biologi telah meluluskan sejumlah 870 alumni yang tersebar di
seluruh Indonesia, dengan mayoritas profesi utama sebagai pendidik berbagai
jenjang pendidikan baik tingkat dasar, menengah, atas dan perguruan tinggi.
Berbagai jenis program hibah
kompetisi Dikti yang diraih Prodi Pendidikan
Biologi yaitu Semi-Que tahun 2003-2005, Hibah Kemitraan 2005, 2006, dan 2007 serta program SP-4
(Jurusan PMIPA). Hibah kompetisi tersebut telah meningkatkan
kualitas akademik secara signifikan di Iingkungan Prodi
Pendidikan Biologi. Peningkatan kualitas prodi meliputi pembenahan kurikulum, fasilitas pembelajaran berbasis TI, kemampuan dosen dalam mengembangan perencanaan dan media pembelajaran, peningkatan ketersediaan referensi yang dimiliki prodi, pengembangan pembelajaran biologi bilingual (bahasa Inggris -
Indonesia), microteaching biologi berbahasa Inggris, praktek mengajar biologi
berbahasa Inggris di Sekolah Bertaraf Intemasional (SBI), peningkatan
penelitian bidang kependidikan biologi, tersedianya jumal yang dikelola prodi
(BIOEDUKASI) yang diperuntukkan bagi semua kalangan guru, dosen atau para
peneliti sebagai sarana komunikasi ilmiah di bidang biologi dan
kependidikannya. Disamping itu prodi pendidikan biologi juga aktif kerjasama
dan memberikan layanan kepada stakeholder khususnya sekolah dalam penelitian
kependidikan dan pengembangan model-model
pembelajaran biologi bilingual di Sekolah Bertaraf Intemasional (SBI).
Visi, Misi dan Tujuan Prodi
Visi
Mewujudkan masyarakat berkualitas berwawasan iingkungan mampu mengembangkan
ilmu pengetahuan teknologi dan seni serta iman dan taqwa dengan menguasai
bidang biologi bercitrakan kependidikan.
Misi
- Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan yang profesional serta penelitian pengabdian masyarakat yang berkualitas dan berkelanjutan
- Membina, meningkatkan dan mengembangkan system menejemen teknologi pembelajaran yang berorientasi pada kualitas dan profesionalisme
- Membina dan mengembangkan kerjasama dengan lembaga lain di dalam dan di luar negeri
Tujuan
Mencetak sarjana pendidikan biologi yang profesional dalam proses
pembelajaran, berbudi pekerti luhur dan mampu memecahkan masalah secara kritis
serta rasional seiring dengan perkembangan IPTEKS
Sasaran
- Menguasai teori dan ketrampilan ilmu pendidikan biologi
- Menguasai unjuk kerja dalam bidang keguruan bagi colon guru biologi
- Memiliki sikap, nilai, kebiasaan dan kecenderungan terhadap kepribadian yang menunjang pelaksanaan tugas sebagai tenaga pendidik bidang biologi
Spesifikasi Kompetensi Lulusan Program Studi Pend. Biologi
Kompetensi Utama
Mempunyai pengetahuan dan ketrampilan bidang biologi sehingga dapat
mengikuti dan memahami perkembangan biologi baik secara keilmuan maupun
aplikasinya dalam bentuk teknologi selanjutnya diadaptasikan dalam
bentuk pendidikan dan pembelajaran di sekolah jenjang SMP, SMA dan yang
sederajad.
Kompetensi Pendukung
- Terampil dalam merancang. mengelola, melaksanakan dan mengevaluasi program pembelajaran biologi berbasis teknologi informasi
- Berwawasan dan bersikap profesional sesuai bidang tugasnya serta mempunyai kepedulian tinggi terhadap masalah pendidikan biologi
- Berwawasan dan berpengetahuan luas bidang biologi dan pembelajarannya yang mernungkinkan dapat melakukan komunikasi ilmiah dan bersikap ilmiah dalam mengembangkan ilmu biologi dan pembelajarannya
Kompetensi lain
Mampu
menyelenggarakan penelitian dan menganalisis hasil penelitian bidang biologi
dan bidang pembelajaran biologi
KONDISI SUMBERDAYA DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRODI PEND. BIOLOGI
Sarana dan Prasarana
Program Studii Pendidikan Biologi menyediakan ruang kuliah yang nyaman,
laboratorium Biologi, Sublab Zoologi, Sublab Botani, Laboratorium Sumber
Belajar Biologi, Perpustakaan, Laboratorium Lapangan, Kebun Percobaan, arena
diskusi mahasiswa, Internet, green house dan musholla.
Kuliah dilengkapi fasilitas laboratorium biologi, dengan sub laboratorium
botani dan sub laboratorium zoologi dengan tingkat frekwensi pemakaian yang
sangat padat karena tidak hanya melayani kegiatan praktikum seluruh matakuliah,
tetapi juga berbagai kegiatan penelitian mahasiswa, dosen dan Iayanan dari
pihak Iuar prodi Pendidikan Biologi baik dari internal UNEJ
maupun dari luar UNEJ.
Prasarana tersebut didukung dengan sarana pembelajaran multimedia dan E-learning serta jaringan Internet yang dapat diakses sewaktu-waktu.
Laboratorium Sumber Belajar Biologi (LSBB) juga menyediakan CD pembelajaran
mutakhir yang menunjang perkuliahan dan koleksi buku-buku text berbahasa
Inggris keluaran terbaru yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa secara cuma-cuma.
Pembelajaran di kelas sebagian besar sudah menggunakan LCD.
Kualifikasi Staf Pengajar
Tenaga pengajar di program studii
pendidikan Biologi memiliki kualifikasi cukup baik dengan dosen berkualifikasi
Doktor dari Universitas dalam dan Iuar negeri (25,0%), magister (37,5%), dan
sarjana (37,5%)
Kualifikasi dosen terus
menunjukkan perkembangan yang sangat positip yang ditandai sebagian dosen
sedang melanjutan studii, yaitu sebanyak 2 orang sedang menempuh program
doktor, 2 orang sedang menempuh program magister. Prodi pendidikan biologi
mendorong setiap dosen untuk meningkatkan kualifikasi pendidikannya hingga
jenjang tertinggi sehingga diharapkan memberikan kontribusi yang signifikan
terhadap kualitas akademik internal.
Dosen pendidikan biologi memiliki
produktivitas penelitian yang cukup baik, yang ditunjukkan oleh aktifnya dosen
dalam penelitian biologi dan kependidikan baik dalam penelitian
kompetitif, penelitian kerjasama dengan pemerintah daerah dan intansi terkait
maupun penelifian mandiri. Penelitian dosen kompetitif yang telah dilakukan dosen
prodi pendidikan biologi meliputi penelitian dasar (litdas), Riset dan Teknologi (Ristek), penelitian kependidikan baik classroom action research (CAR) maupun research for improving instructional (RII) yang digulirkan oleh dirjen dikti. Beberapa Staf prodi pendidikan biologi juga aktif terlibat dalam penelitian pengembangan kependidikan di beberapa
kabupaten, baik Jember, Situbondo, Banyuwangi dan Pasuruan.
Pembelajaran Bilingual dan
Hasilnya
Pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan Kurikulum Berbasis
Kompetensi dan menggunakan pembelajaran bilingual pada sebagian besar
matakuliah. Pembelajaran bilingual dilaksanakan secara proporsi gradual, yaitu
pada semester awal diberikan dengan porsi yang sedikit (hingga 25%)
dengan tujuan agar mahasiswa dapat menyesuaikan diri. Secara
berangsur pada semester berikutnya proporsi pembelajaran berbahasa Inggris
ditingkatkan. Dosen diberikan kewenangan untuk mengembangkan pembelajaran
bilingual.
Pembelajaran bilingual di prodi pendidikan biologi telah menghasilkan produk yang menggembirakan, yaitu tahun 2007 sudah menghasilkan 20 colon guru (40%) yang mampu mengajar dengan duo bahasa (Inggris dan Indonesia) yang diproyeksikan mengisi kebutuhan guru baru di Sekolah Bertaraf Internasional.
Pembelajaran bilingual di prodi pendidikan biologi telah menghasilkan produk yang menggembirakan, yaitu tahun 2007 sudah menghasilkan 20 colon guru (40%) yang mampu mengajar dengan duo bahasa (Inggris dan Indonesia) yang diproyeksikan mengisi kebutuhan guru baru di Sekolah Bertaraf Internasional.
Beasiswa
Terbuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa dari institusi
negeri maupun swasta dari dalam dan luar negeri diantaranya PPA, BPM,
Supersemar, BTP (Bantuan Tabun Pertama), BSM (Bantuan Studii Mahasiswa), PT
Djarum, Marubeni, Lovin, Beasiswa Jepang, BI, dan lain-lain.
Lulusan
Lulusan program studii Pendidikan Biologi mendapatkan ijazah Sarjana
Pendidikan (SPd) dan sekargus sertifikat mengajar akta IV, bagi lulusan akan
terbuka lebar kesempatan untuk :
1)
Berprofesi sebagai tenaga pengajar di Depdiknas sebagai guru SMP/SMA/SMK maupun
DEPAG guru MTs/ MA.
2) Konsultan
pendidikan IPA dan profesi sejenis lainnya.
3)
Staf pada beberapa departemen yang relevan (deptan, Departemen Kelautan dan
Perikanan, BKSDA, dan departemen lainnya), ataupun instansi swasta.
4)
Berkesempatan melanjutkan ke jenjang S2 bidang kependidikan maupun non
kependidikan Universitas dalam negeri maupun luar negeri.
FKIP UNEJ sendiri terdiri dari 2 gedung yang terpisah, satu gedung namanya Gedung 1 yang
menampung prodi sejarah, ekonomi dan pendidikan luar sekolah (hehe...
gak yakin sendiri karena bukan kampus saya, kalau teman ingin yakin bisa
di cek sendiri ke jember :p)
Gedung 3 adalah kampus paling baru saya ini #proudly hehe
Di gedung 3 ini ada beberapa prodi antara lain: Bahasa Inggris n
Indonesia, Fisika, Matematika, Biologi, PGSD (jurusannya yang berminat
untuk jadi guru SD :o )
Btw, Ada gedung 1 dan gedung 3 lalu kemana yang gedung 2??inilah gambar-gambar gedung fkip unej:
Halaman Depan FKIP Universitas Jember
Tidak ada komentar:
Posting Komentar